Liverpool

Liverpool

Senin, 11 Oktober 2010

Liverpool F.C.


Liverpool Football Club (dikenal pula sebagai Liverpool atau The Reds) adalah sebuah klub sepak bola Liga Utama Inggris. Liverpool adalah klub tersukses dalam sejarah persepakbolaan Inggris yang bermarkas di kota Liverpool. Liverpool telah memenangkan 5 tropi Liga Champions (dulu Piala Champions), yang merupakan rekor Inggris.18 gelar Liga Inggris, 7 Piala FA, serta, 7 kali juara Piala Liga. Stadion mereka berada di Anfield, yang terletak sekitar 4,8 km dari pusat kota Liverpool


--Sejarah Klub Liverpool F.C.--

Salah satu klub tersukses di Inggris Raya. Didirikan pada 15 Maret 1892 akibat perseteruan John Holding dengan Everton FC, Liverpool menjelma kekuatan serius di kompetisi sepakbola Inggris. Klub sempat diberi nama Everton FC and Athletic Grounds, Ltd., atau diringkas Everton Athletic, namun FA menolak mengakui dua tim bernama Everton. Houlding pun akhirnya memilih nama Liverpool FC.

Tak butuh lama bagi Liverpool untuk mencicipi gelar di liga. Pada 1900/01, Liverpool sukses menjuarai Divisi Satu dan mengulanginya lagi lima tahun kemudian.Mencapai Final Piala FA pertama kali pada 1914, meski mereka dikalahkan Burnley 1-0. Liverpool sempat terseok-seok sebelum Bill Shankly datang sebagai manajer pada 1959. Shankly membenahi tim secara besar-besaran dan menggunakan sebuah ruangan bernama The Boot Room untuk menggelar rapat pelatih.

Kejayaan Liverpool bersama Shankly dilanjutkan Bob Paisley, yang antara lain sukses membawa Reds merengkuh trofi Eropa pertama. Pada 1972/73, Liverpool menyabet Piala UEFA dan menyusul Piala Champions empat tahun berikutnya. Periode keemasan Liverpool pun dimulai. Sayangnya, catatan keemasan itu sedikit ternoda oleh insiden Heysel dan Hillsborough pada 1980-an. Kedua insiden mengerikan tersebut memakan korban nyawa penonton sepakbola dan masih terus dikenang hingga saat ini. Kali terakhir Liverpool menjuarai liga adalah musim 1989/90 dan sudah terlalu lama mereka menunggu untuk mencicipi sukses pertama di era Liga Primer.

--Stadion Klub Liverpool F.C.--
Anfield adalah stadion sepak bola di distrik Anfield, di Liverpool, Inggris. Dibangun pada tahun 1884, stadion telah menjadi kandang Liverpool FC.Anfield mempunyai kapasitas 45276 penonton Ada rencana untuk menggantikan Anfield dengan kapasitas 60.000 stadion baru di Stanley Park. Stadion ini pertama direncanakan pada bulan Mei 2002 dengan tanggal pembukaan sementara dari Agustus 2005, tapi karena adanya masalah  dengan mengamankan pendanaan untuk proyek serta keadaan pasar keuangan sejak tahun 2008, dikombinasikan dengan ketidaksepakatan antara klub dan pemilik membuat Anfield masih tetap menjadi kandan bagi Liverpool untuk beberapa tahun kemudian


Dibuka pada tahun 1884, Anfield pada awalnya dimiliki oleh Mr Orrell , seorang teman John Houlding, presiden Everton FC. Everton, yang sebelumnya bermain di Priory Road, yang membutuhkan tempat baru, karena kebisingan yang dihasilkan dari kerumunan orang di pertandingan. Pemilik Everton berubah ketika John Houlding membeli tanah dari Orrell pada 1885 dengan kontrak sewa langsung.

Pertandingan pertama Liverpool pada Liga Lancashire di Anfield dimainkan pada tanggal 9 September 1893, melawan Lincoln City, Liverpool menang 4-0 di depan 5.000 penonton . Sebuah stand baru dibangun pada tahun 1895, mampu menampung 3.000 penonton, di situs Utama hadir Stand. Stand ini memiliki ciri  khas merah dan putih dan mirip dengan berdiri utama di tanah Newcastle United St James 'Park  Stand lain dibangun pada akhir Anfield Road pada tahun 1903, dibangun dari kayu dan seng.. Setelah Liverpool menang kejuaraan Liga kedua mereka pada tahun 1906, Stand baru dibangun di sepanjang Jalan Breck Walton. Wartawan lokal Ernest Edwards, yang merupakan editor harian olahraga Liverpool Echo, dibaptis dalamnya Spion Kop, melainkan nama sebuah bukit yang terkenal di Afrika Selatan di mana resimennya lokal telah mengalami kerugian besar selama Perang Boer pada tahun 1900. Lebih dari 300 orang telah meninggal, banyak dari mereka dari Liverpool, sebagai tentara Inggris berusaha untuk menangkap puncak bukit strategis. Sekitar periode yang sama berdiri juga dibangun di sepanjang Jalan Kemlyn.

Stadion tetap sama sampai 1928 ketika Anfield didesain ulang dan diperbanyak untuk menampung 30.000 penonton, dengan atap yang didirikan dan dinamai Spion kop. Namun Anfield itu merupakan yang terbesar di Inggris pada saat itu.

kursi berwarna dan ruang polisi ditambahkan Jalan Kemlyn berdiri pada tahun 1987. Setelah tragedi Hillsborough pada tahun 1989, Laporan Taylor direkomendasikan bahwa semua alasan di negara ini harus diubah menjadi alasan all-seater pada bulan Mei 1994.Stadion lapis kedua ditambahkan ke Jalan Kemlyn berdiri pada tahun 1992, mengubahnya menjadi ganda layout bertingkat. Ini termasuk kotak suite eksekutif dan fungsi serta 11.000 ruang duduk. Rencana untuk memperluas berdiri telah dibuat sebelumnya, dengan klub membeli rumah di Jalan Kemlyn selama 1970-an dan 1980-an. Rencana itu ditunda sampai 1990 karena dua saudara perempuan, Joan dan Nora Mason, menolak untuk menjual rumah mereka. Ketika klub mencapai kesepakatan dengan para suster pada tahun 1990, rencana ekspansi itu dimasukkan.Berdiri secara resmi dan dibuka pada tanggal 1 September 1992, oleh presiden UEFA Lennart Johansson dan kembali bernama Centenary Stand. Anfield dibangun kembali pada tahun 1994 setelah rekomendasi dari Laporan Taylor dan menjadi semua duduk, meskipun masih tier tunggal, kapasitas secara signifikan dikurangi menjadi 12.390 

Pada tanggal 4 Desember 1997, patung Bill Shankly, dibuat dari perunggu, diresmikan di pusat pengunjung di depan Anfield. Berdiri dengan ukuran 8 kaki (2,4 m) , patung menggambarkan Shankly mengenakan syal kipas di sekitar lehernya, dalam pose yang akrab ketika ia  menerima tepuk tangan dari penggemar. Tertulis di patung itu adalah kata-kata:. "Bill Shankly - He Made the People Happy" .peringatan tragedi Hillsborough terletak di samping Shankly Gates, dan selalu dihiasi dengan bunga dan upeti kepada 96 orang yang meninggal sebagai akibat dari tragedi tersebut. Di pusat peringatan adalah api abadi, menandakan bahwa mereka yang mati tidak akan pernah terlupakan. Perubahan terbaru ke Anfield datang pada tahun 1998 ketika dua tier baru Anfield Road akhir dibuka. Namun berdiri telah mengalami sejumlah masalah sejak pembangunan kembali tersebut. Pada awal musim 1999-2000 serangkaian tiang penyangga dan kandang harus dibawa untuk memberikan stabilitas ekstra ke tingkat atas dudukan. Selama testimonial Ronnie Moran terhadap banyak penggemar Celtic mengeluhkan pergerakan tingkat atas. Pada saat yang sama bahwa kandang disisipkan daerah tempat duduk eksekutif diperluas oleh dua baris di tribun utama, menurunkan kapasitas tempat duduk di paddock. 

--Tragedi Hillsborough--





















Tragedi Hillsborough adalah tragedi yang mengakibatkan kematian para penonton sepak bola karena saling berjejalan pada tanggal 15 April 1989 di Hillsborough, yang menjadi kandang dari Sheffield Wednesday di kota Sheffield, Inggris. Peristiwa tersebut mengakibatkan 96 orang meninggal dunia yang semuanya adalah pendukung Liverpool F.C.). Jumlah korban meninggal tersebut tercatat sebagai jumlah tertinggi dalam kecelakaan di stadium dalam sejarah Britania Raya dan tetap menjadi rekor tragedi terbesar yang berhubungan dengan stadion sepak bola di Britania Raya. Pada saat itu adalah pertandingan semi final Piala FA yang mempertemukan Liverpool dan Nottingham Forest. Tragedi Hillsborough adalah peristiwa kerusuhan fans di stadion kedua yang melibatkan Liverpool F.C.

--Tragedi Heysel--



 












Tragedi Heysel terjadi pada tanggal 29 Mei 1985 di mana pada saat itu tengah terjadi pertandingan antara Liverpool dan Juventus di Piala Champions (saat ini Liga Champions). Peristiwa ini merupakan sejarah buram persepak bolaan Inggris pada tahun itu, karena saat itu klub-klub Inggris sedang jaya-jayanya. Karena peristiwa ini pula tim-tim dari Inggris dilarang bermain di tingkat internasional selama 5 tahun lamanya. Peristiwa ini bermula dari fans masing-masing klub yang saling mengejek dan melecehkan. Lalu tiba-tiba sekitar satu jam sebelum kick off kelompok hooligan Liverpool menerobos pembatas masuk ke wilayah tifosi Juventus. Tidak terjadi perlawanan karena yang berada di bagian tersebut bukanlah kelompok Ultras. Pendukung Juventus pun berusaha menjauh namun kemudian sebuah tragedi terjadi. Dinding pembatas di sektor tersebut roboh karena tidak kuasa menahan beban dari orang-orang yang terus beruhasa merangsek dan melompati pagar. Ratusan orang tertimpa dinding yang berjatuhan. Akibat peristiwa ini sebanyak 39 orang meninggal dunia dan 600 lebih lainnya luka-luka.

Meskipun terjadi peristiwa yang mengenaskan dengan jumlah korban yang begitu besar, panitia memutuskan untuk terus melanjutkan pertandingan. Kick off dilakukan setelah kapten kedua kesebelasan meminta penonton untuk tenang. Alasan lain adalah untuk meredam atmosfer kerusuhan yang mulai menyebar. Tifosi Ultras Juventus di bagian lain stadion sempat akan melakukan pembalasan. Mereka mencoba untuk bergerak ke arah pendukung Liverpool namun berhasil dicegah satuan keamanan. Dengan dimulainya pertandingan maka suasana bisa mulai dikendalikan. Pertandingan itu sendiri dimenangi Juventus dengan hasil akhir 1 - 0. Michel Platini mencetak gol semata wayang Juventus dari titik penalti setelah Zbigniew Boniek dilanggar oleh pemain Liverpool.

--Pemain Legenda Liverpool--
1. Kenny Dalglish
















Kenneth Mathieson 'Kenny' Dalglish MBE lahir di Dalmarnock, Glasgow, Skotlandia, 4 Maret 1951 adalah mantan pemain Skotlandia. Dia memperoleh kesuksesan bersama Celtic pada era 1970an dan bersama klub liga Inggris Liverpool pada tahun 1970an dan 1980an. Dia adalah pemain pertama yang dapat mencetak 100 gol di liga Inggris dan Liga Skotlandia. 

2. Steven Gerrard

















Steven George Gerrard lahir di Whiston, Inggris, 30 Mei 1980 adalah seorang pemain sepak bola asal Inggris. Pria beringgi tubuh 188 cm ini bermain di Liverpool F.C. sejak tahun 1997 (meskipun debut profesionalnya baru terjadi pada 19 November 1998) sebagai pemain pengganti Vegard Heggem pada babak kedua saat liverpool bertanding melawan Blackburn Rovers.
Walaupun ia berposisi sebagai gelandang di klub sepak bola tersebut, sebenarnya ia dapat bermain di posisi mana saja seperti penyerang, gelandang ataupun bek. Bisa dibilang pemain ini berposisi serba bisa kecuali posisi kiper sepertinya halnya legenda sepak bola Irlandia Utara dan Manchester United yaitu George Best.

3. Roger Hunt









Ian James Rush lahir di St. Asaph, Wales, 20 Oktober 1961adalah legenda sepak bola Wales dan Liverpool F.C. yang berposisi sebagai penyerang.

4. Michael Owen















Michael James Owen lahir di Chester, Chesire, Inggris, 14 Desember 1979 adalah seorang pemain sepak bola Inggris. Ia menjadi penyerang andalan ketika bermain untuk klub Liverpool hingga tahun 2004. Musim selanjutnya, Michael Owen akhirnya pindah ke Real Madrid. Pada tahun 2005 ia pindah ke Newcastle United. Pada 2009, Newcastle United terdegradasi. Ia lalu dibeli dengan status free agent oleh Manchester United. Di MU, ia mengenakan nomor punggung 7. 

5.Fernando Torres

















Fernando José Torres Sanz (lahir di Fuenlabrada, Spanyol, 20 Maret 1984; umur 26 tahun) adalah pemain sepak bola Spanyol yang mempunyai julukan El Niño ("Bocah Laki"). Posisinya adalah penyerang. 

2 komentar: